Senin, 19 Desember 2011

Garut van Java

Gak pake lama. Itu tema jalan-jalan keluarga kali ini. Baik lama ngerancang rute dan tujuan, juga lama di waktu jalan-jalannya. Walhasil disepakati, kali ini kami menggunakan kendaraan pribadi, supaya pulang pergi ga tergantung angkot dan mobilisasi di lokasi mudah. Sempet bingung mau kemana. Tapi berhubung sebelum puasa udah ke Ujung Genteng (liputannya nyusul yah!) Dan pesona tatar pasundan belum pupus dari ingatan, maka kami memilih untuk meneruskan petualangan ke bumi Garut.

Sempet hampir batal karena tergoda untuk ikutan misi ke Somalia, tapi mengingat faktor regenerasi, akhirnya junior boleh berangkat. Tapi ternyata apes lain menunggu karena rekan sejawat sesama jaga mengikuti pelatihan hiperkes. Walhasil, jadilah gw njagain klinik 3x24 jam. Alhamdulillah, hasil kerja rodi dibayar tuntas untuk membiayai perjalanan ini. Udah ah, katanya mau cerita perjalanan kok malah curhat.

Jadi, sebelum berangkat, aku googling untuk cari penginapan. Bukan apa, sempet ga kebagian kamar karena semua kelas ekonomi penuh. Kalo ga bawa keluarga sih ga bakal penuh, wong tidur di masjid. Udah gitu sempet nginep di lokasi yang full audio ah-uh-ah-uh dari kamar sebelah. Daripada ntar disangkain istri kita biasanya nginap di losmen begituan mending sekarang lebih waspada. Maka dapatlah Sari Papandayan Resort and Agrotourism. Liputan resort ini dibahas tersendiri ya.

Ada alasan kenapa gw milih di Sari Papandayan, bukan hotel lain di tengah kota atau dekat daerah Cipanas. Tadinya kami mau berangkat hari Sabtu. Tp berhubung Sabtu itu istri masih dinas di sekolah dan gw ada undangan konser amal, jadinya keberangkatan ditunda Minggu subuh. Mau berangkat malam juga males banget. Daripada nggak aman karebaa ngantuk, mending berangkat besok.

Dari Depok jam 6 lewat dikit, jadi masih cukup lengang sampai pintul tol Lenteng Agung. Perjalanan lancar tanpa hambatan selain salah keluar. Harusnya exit di Dayeuh Kolot keterusan sampe Cileunyi. Btw, buat temen yang kemarin nyaranin gw pake GPS, udah gw kerjain. Plus minus lah. Plusnya lu tau lu nyasar, minusnya kadang2 GPS itu yang bikin lu nyasar karena salah posisioning.

Singkat cerita, kami sampe Garut (gapura selamat datang) jam 10-an. Karena acara kami mau mandi air panas, terus ke kawah dan candi cangkuang, maka mobil diarahkan ke cipanas dulu. Tujuan kami sih Taman Air Sabda Alam, biar bukan cuma berendam. Kemarin mau book disini tapi males karena pikiran gw pasti bakal rame banget.

Taman Air Sabda Alam
Salah satu pemandian air panas alami yang dilengkapi dengan fasilitas a la Waterpark. Ada seluncuran, kolam arus dan ember tumpah. Juga arena outbound seperti flying fox dan trampolin. Secara umum nilai gw 6/10. Fasilitas banyak yang ga terawat bahkan cenderung berbahaya. Punggung gw berdarah waktu ngeluncur di seluncuran tertingginya. Bahkan akibat benturan cukup keras, efeknya terasa hingga ke tulang leher. Tempat makan minim pilihan. Ga ada penyewaan baju renang (elu ga bisa mampir doang, kecuali mau ninggalin sempak basah). Dan ga ada kolam renangnya. Hanya kolam rendam air hangat dengan berbagai ukuran. Untung, pas kami dateng ga lama hujan lebat. Jadinya kami bisa memonopoli sumber air panas yang dimasukkan ke kolam tersebut.

Resto Mulih K' Desa
Laper main air, kami makan siang plus malam di resto ini. Sesuai dengan namanya, semua suasana dibuat seperti di desa. Bukan hanya rumah gubuk, sawah dan empang ikan. Tapi peralatan makan juga dari piring dan gelas kaleng! Hommy banget kalo elo merindukan desa.

Menu standar, tapi menurut istri jaauh lebih enak dibandingin sama resto sunda lain (nanti kami mau komparasi dengan Cibiuk yang banyak direkomedasiin). Untungnya, disini mereka masih punya permainan tradisional semacam dakon, atau eggrang. Bisa lah gw ngajak anak gw jatuh bangun belajar eggrang.

Untuk menu nasi merah, ikan nila bakar seukuran telapak tangan, tumis genjer, tahu dan tempe goreng serta sayur asem (favorit istri) dan pete goreng (favorit gw) menghabiskan 80ribu. Plus segelas kopi item panas yang rasanya ga kaya kopi di warkop pinggir jalan

This place is recommended! Ada juga gubuk buat yang mau nginep, bonus berendem di kolam TirtaGangga Cipanas.

Tidak ada komentar: